Laman

Kamis, 27 Oktober 2016

Hasil Test Pack Samar: Positif atau Negatif?

Well, pertama-tama saya mau mengucapkan selamat hari blogger nasional. Yeah! Ternyata eh ternyata blogger punya hari raya nasional-nya juga ya, saya juga baru tahu sebetulnya kalau tanggal 27 Oktober ini diperingati sebagai hari blogger nasional. Wah, di hari blogger yang berbahagia ini, saya tidak mau ketinggalan, saya harus membuat tulisan *sambil ngencengin iket kepala* padahal sedang malas-malasnya. Hmmmm. Saya punya harapan, harapan saya di hari blogger ini adalah saya ingin menjadi blogger pro, semoga, ya, someday, in syaa Allaah! Ya, meskipun baru rajin merawat blog kemarin sore *hehe* saya tetap berharap agar blog saya ini bisa terus bertumbuh, bertambah dan berkembang melebihi usia perkembangannya. Iya, ini blog saya, hasil perasan pertama pikiran dan perasaan yang saya besarkan seperti anak saya sendiri *hadeuh, korban iklan* #ifyouknowwhatimean :D
Do'akan saya agar istiqamah menulis dan nge-blog-nya, ya! :)

Baiklah, karena tulisan kali ini bukan akan membahas mengenai hari raya blog yang saya sendiri belum mencari tahu bagaimana asal usulnya dan saya bingung juga sebetulnya mau menulis apa *hehe* maka, mari kita kembali ke judul yang sudah kadung saya tuliskan, yakni mengenai Hasil Test Pack yang Samar. Ya, tulisan ini memang sangat spesifik sekali, peruntukannya bagi ca-mahmudah a.k.a calon mamah muda nan shalihah (Aamiin) memang sangat kentara sekali. Tapi, bukan berarti di luar mereka tidak boleh membaca, ya. Semua orang boleh saja membaca—kalau mau dan perlu, terutama calon bapak-bapaknya, membaca tulisan ini sangat disarankan, sehingga punya pengetahuan juga soal yang beginian

hasil testpack yang (sangat) samar. kelihatan tidak garisnya?

Yap! TEST PACK a.k.a alat uji kehamilan untuk digunakan di rumah. Karena memang untuk pemakaian rumahan, cara kerja alat ini sangat mudah sebetulnya, keterangan mengenai bagaimana cara penggunaannya sudah sangat jelas juga dalam keterangan di kemasannya, pun dengan cara membaca hasilnya:

SATU GARIS = NEGATIF. Artinya kita harus lebih giat untuk berikhtiar lagi, in syaa Allaah, hasil tidak akan mengkhianati usaha koq, hanya memang belum sampai pada waktunya saja, tetap semangat ya. Jangan berkecewa! :)

DUA GARIS = POSITIF. Artinya kita harus berikhtiar untuk dapat menjaga 'sesuatu' yang sedang bertumbuh-kembang di dalam rahim kita itu dengan sebaik-baiknya, ya. Ikut berbahagia! :)

Nah, kalau HASIL TEST PACK YANG SAMAR gimana?

Eh, itu gimana maksudnya?

Memangnya ada yang hasilnya seperti itu?

Begini, jadi hasilnya itu sukar terbaca, mau dibilang garisnya hanya satu, terlihat ada dua garisnya. Mau bilang garisnya ada dua, tidak begitu terlihat juga garisnya. Membingungkan, bukan?

Iya, ternyata hasil seperti itu ada. Dan saya sendiri pernah merasakannya. Hasil uji kehamilan yang saya lakukan suatu ketika memperlihatkan hasil yang samar, seperti yang saya tampilkan dalam gambar.

Mendapatkan hasil yang seperti itu, saya merasa bingung sekali. Di satu sisi, tidak dapat dipungkiri, seperti ada bunga-bunga yang bertebaran di sekitar tubuh saya, senyum saya merekah bahagia: Alhamdulillah, garisnya dua, bathin saya. Di sisi lain, tanda tanya yang tidak kalah banyaknya juga bertebaran dimana-mana, wait, sebetulnya ada satu atau dua, ya, garisnya? Hmmm. Apakah kamu pernah merasakannya juga?

Ditengah kebingungan itu, tetiba handphone saya menyala, ada chat masuk di whatsapp, dari guru ngaji saya, ternyata. Beliau juga seorang bidan. Qadarullaah, dalam chat itu beliau menanyakan mengenai kehamilan juga. Ya, beliau mengetahui persis riwayat kehamilan saya sebelumnya juga, ceritanya bisa dibaca DI SINI. Masyaa Allaah, saat itu saya berpikir betapa Allaah Maha Romantis, selalu mengetahui apa yang sedang dibutuhkan hamba-Nya. Mendatangkan pertolongan-Nya dari arah yang tidak terduga. Ya, saat itu saya membutuhkan pertolongan, saya membutuhkan pencerahan. Akhirnya saya ceritakan kepada beliau mengenai hasil uji kehamilan saya yang samar tersebut.

Dari hasil berdiskusi dengan beliau dan hasil baca membaca juga, berikut adalah penyebab dan hal-hal yang dapat kita lakukan ketika mendapati hasil uji kehamilan yang samar. Check it out!

Pertama, membaca hasil tes terlalu lama. Waktu yang tepat untuk melihat dan membaca hasil tes adalah 1-3 menit setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine dan diletakkan dalam kondisi datar. Jangan membaca hasil tes lebih dari 8-10 menit setelahnya karena hasilnya sudah tidak akurat lagi. Urine yang menggenang terlalu lama di stik membuat seluruh stik basah dan memungkinkan untuk memunculkan garis samar tersebut.

Untuk kasus saya, saya sendiri lupa dalam menit ke berapa persisnya saya membaca hasil tes tersebut, hanya seingat saya, saya melihat kembali hasil tes tersebut setelah saya membuangnya karena 'merasa' melihat ada dua garis setelah sebelumnya saya hanya melihat satu garis. Dan, ya, hasilnya saya melihat satu garis cerah dan satu garis yang sangat samar.

Kedua, lakukan tes ulang. Untuk mengetahui hasil yang sesungguhnya dapat dilakukan pengujian ulang. Tes ulang disarankan untuk dilakukan dalam waktu 3-7 hari kemudian. Kecuali apabila 'tamu bulanan' datang duluan, tes ulang tidak perlu lagi untuk dilakukan.

Waktu itu saya melakukan tes kehamilan bukan dalam keadaan 'sudah telat', tetapi H-1 sebelum biasanya 'tamu bulanan' datang. Bukan memakai urine pertama di pagi hari juga, karena saya hanya iseng-iseng saja. Hehe. Kebetulan beberapa hari terakhir saya selalu pusing yang 'melayang', setiap pergantian posisi dari duduk ke berdiri saya merasa pusing sekali. Teringat punya testpack, yasudah lah daripada di-anggur-in mending di-apel-in, kan? Hehe.

Ketiga, ganti alat tes. Begitu banyak merek dan jenis alat tes kehamilan. Mulai dari stik tunggal, stik bersama wadah penampung, yang compact hingga yang menggunakan semacam pipet tetes. Dari yang harganya ribuan hingga harganya puluhan ribu. Tinggal dipilih sesuai dengan kemampuan, namun diusahakan harus lebih bagus dari yang sebelumnya digunakan.

Alat tes yang saya gunakan waktu itu merupakan alat tes seharga (((lima ribuan))) yang saya iseng beli di apotik karena baru tahu ternyata ada yang harganya semurah itu dan saya penasaran bentuknya seperti apa. Hal ini tersadarkan oleh pak suami, saya baru ingat harga dari testpack tersebut ketika suami menanyakannya, dan kemudian saya hanya bisa tertawa geli sendiri ketika beliau bilang: "buat anak koq coba-coba, masa murah." Hehe. Namanya juga emak-emak, ya, niat hati mah: hemat beb! Sampai pada hasil itu, saya mengamini bahwa: ya, ada harga ada kualitas.

Keempat, segera periksa diri ke dokter. Apabila sudah melakukan tes ulang, kemudian mendapati hasil tes negatif tetapi sudah berlalu lama si 'tamu bulanan' tidak juga datang. Atau, ketika mendapati hasil positif tetapi si 'tamu bulanan' tetap datang. Apabila mendapati hasil yang seperti itu, bisa jadi ada yang tidak beres dalam diri kita. Maka, segera perikasakan diri ke dokter, ya! Tapi, mudah-mudahan kita semua terhindar dari segala penyakit, ya. Tenang saja, la yu kallifu nafsan illa wus'aha — Allaah tidak akan membebani makhluk-Nya di luar batas kesanggupannya (Al-Qur'an).

So, untuk memastikan hasil positif atau negatif dari hasil testpack samar tersebut, setidaknya dapat dipastikan setelah pengujian ulang dilakukan. Tetapi, katanya, biasanya, kebanyakan, yang hasilnya seperti itu tuh, biasanya, memang positif namun masih terlalu sangat muda usia kehamilannya sehingga masih sangat sedikit kadar Hcg dalam urine-nya. Uhuk.

Wallahu'alam Bishawab.

Sudah itu saja.

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan.

Semoga bermanfaat.


Salam Hangat,
—esn—

3 komentar:

  1. Saya biasa pakai yang murahan kok mba, yang harga 3 ribuan malah dikasi diskon sama pemilik apotik kalau beli 2 dapat 5 rb.

    BalasHapus
  2. Aku jg baru tes ... hasilnya samar... tes dilakukan shari sblm hari haid

    BalasHapus
  3. Saya dah telat 2 hari sekarang samar2 tapi serasa lagi hamil pusing mual air kemih kluar sedikit

    BalasHapus